Jejak Dzuriyat Datu Kalampayan Martapura di Daerah Marabahan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 23 Mei 2022

Jejak Dzuriyat Datu Kalampayan Martapura di Daerah Marabahan



Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Martapura memiliki anak yang bernama Mufti H. Jamaluddin. Menurut riwayat, beliau menikah di Bakumpai (Marabahan) dan melahirkan Qodhi Syekh H. Abd. Samad.

Qodhi Abd. Samad adalah ulama besar Marabahan yang pernah lama menimba ilmu di Dalampagar (Martapura) dan tanah Suci Makkah. Beliau banyak belajar kepada ulama besar Makkah selama kurang lebih 8 tahun.

Setelah selesai belajar di Makka, Qodhi Abd. Samad kembali ke kampung halaman. Beliau membuka pengajian ilmu agama di Marabahan yang banyak dihadiri masyarakat Marabahan. Ada jua penurut ilmu yang langsung dari Dalampagar, Martapura.

Qodhi Abd. Samad wafat pada shafar 1317 H. Beliau dimakamkan di kubah yang bertempat di daerah Marabahan.

Anak cucu beliau merasa bertanggung jawab meneruskan tugas Qodhi Syekh Abd. Samad. Maka dibentuklah suatu ponpes yang dikoordinir oleh Drs. H. Asqalani bin H. Baseyuni bin H. Abi Thalhah bin Qodhi Abd. Samad bin Mufti Jamaluddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Sumber : buku "Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari" tulisan Abu Daudi, sub judul "Zuriyat yang di dalam negeri" hal 256

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner